Selamat Datang di Web Portal Komunitas Donor Darah Indonesia Daftarkan alamat email anda dan dapatkan update berita terbaru melalui newsletters kami




Minggu, 30 September 2018

Ternyata, Gaya Hidup Ayah Pengaruhi Kesehatan Anak di Masa Depan

Ternyata, Gaya Hidup Ayah Pengaruhi Kesehatan Anak di Masa Depan

Joko Yuwono

Editor : Joko Yuwono


Dibaca 37 kali

Washington DC. Bukan hanya istri yang harus memperhatikan kesehatan saat menjalani kehamilan, begitupun juga suami.

Usia, kesehatan, dan gaya hidup pria disebut mampu memengaruhi masa depan kesehatan calon buah hati.

Dikutip dari Huffington Post pada Rabu (11/4/2018), sebuah studi yang dilakukan oleh Sekolah Kesehatan Universitas Georgetown Malaysia, menyebut pengaruh terkuat dari ayah pada kesehatan anak adalah asupan minuman beralkohol.

Bayi ternyata dapat didiagnosis terkena fetala alcohol spectrum disorder (FASD), yakni gejala kelainan pertumbuhan akibat resapan alkohol di dalam rahim, meski ibunya bukan peminum.

Ternyata setelah ditelusuri, gangguan kesehatan itu disebabkan oleh kebiasaan minum alkohol dari pihak ayah, yang resapan zat-zat berbahayanya terbawa melalui hubungan intim.

Bayi dengan gangguan FASD cenderung akan mengalami pengerdilan pada anggota tubuhnya, seperti tubuh pendek, ukuran kepala kecil, dan pertumbuhan panjang tulang yang tidak sempurna.

Selain itu, bayi dengan gangguan FASD juga berisiko memiliki wajah asimetris. Bahkan ada kemungkinan buruk, gejala ini menyebabkan rendahnya koordinasi tubuh, tingkat kecerdasan, serta pertumbuhan daya olah pikir.

Selain pria pecandu alkohol, studi terkait juga menyoroti faktor kesehatan pada pria tua dan penderita obesitas.

Pada ayah yang berusia tua, ada kemungkinan bayi akan lahir dengan risiko skizofrenia, autisme, hingga cacat lahir.

Sementara pada ayah penderita obesitas, risiko kesehatan yang paling mungkin menimpa sang bayi adalah obesitas turunan, diabetes, dan kanker otak.

BACA JUGA

BERITA TERKAIT